perkembangan software, hardware. dan brainware


Brain Ware

Selain software dan hardware, ada satu komponen penting dalam dunia komputerisasi yang berfungsi sebagai mesin penggerak komputer. Komponen ini disebut Brainware atau pengguna. Brainware atau pengguna komputer (user) terdiri dari beberapa tingkatan tergantung pada media organisasinya.
Yang dimaksud dengan brainware adalah sumber daya manusia yang mempunyai keahlian yang berhubungan dengan komputer. Beberapa profesi yang berhubungan dengan komputer antara lain :
  1. System Analyst : adalah seseorang yang merancang sistem komputer dalam suatu perusahaan atau instansi.
  2. Programmer : adalah seseorang yang merancang dan membuat program-program yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan atau instansi. Seorang programmer akan membuat program berdasarkan spesifikasi / desain yang dibuat oleh sistem analyst.
  3. Operator : orang yang bertugas untuk mengoperasikan komputer serta melaksanakan proses pengolahan data dengan mempergunakan komputer.
Tingkatan brainware terdapat pada struktur jaringan, internet platform, dan program builder.

a. Network Platform

  • Administrator
  • Backup Operator
  • Network Config Operator
  • Power User
  • Remote Desktop User
  • Replicator
  • User
  • Guest
  • Debugger User
  • Help Services Group

b. Network Platform

  • Web Master
  • Designer
  • Operator
  • User

c. Software Builder

  • Analisis Sistem
  • Programmer
  • Operator
 
PERKEMBANGAN HARDWARE 

Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat di lepaskan dari teknologi,khusunya teknologi komputer.Dapat dilihat bahwa untuk menuliskan satu dokumen,orang cenderung sudah meninggalkan mesin ketik manual dan sudah di gantikan peranya oleh komputer.kasir di suatu pertokoan besar ( supermarket ) sudah menggunakan peralatan otomatis berupa komputer yang di desain khusus untuk keperluan itu.Belum lagi perkembangan teknologi komputer di bidang kesehatan yang maju sangat pesat untuk membantu diagnose penyakit dan proses penyembuhan .Dan masih banyak lagi di bidang-bidang kehidupan manusia yang saat ini menggunakan peralaatan komputer. arti dari komputer itu sendiri adalah sebuah peralatan elektronik yang beroperasi di bawah control instruksi yang disimpan didalam memory nya ,yang dapat menyimpan data,memanipulasi data menurut aturan yang di tentukan,memberikan hasil dan menyimpan hasil untuk keperluan mendatang. Tujuan pokok dari system komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu di dukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras ( hardware ) ,perangkat lunak ( software)dan brainware.Disini kita berbicara hardware komputer disebut juga dengan nama “perangkat keras”adalah semua bagian fisik komputer,dan di bedakan dengan data yang berbeda didalamnya atau yang beroperasi di dalamnya,dan di bedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya .
 Komponen komputer terdiri dari :
 1. Input Device Input device merupakan komponen hardware yang mengijinkan untuk memasuki data atau instruksi ke dalam sebuah computer . Komponen didalamnya terdiri dari : keyboard dan Mouse
• Keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol seperti huruf alphabet (A-Z) untuk mengetikan kalimat,juga terdapat angka dan lain-lain serta simbol-simbol khusus lainya pada komputer .Dalam komputasi ,papan ketik menggunakan susunan tombolan atau kunci ,untuk bertindak sebagai tuas mekanis atau sekelar elektronik.
• Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukan data ke dalam komputer selain papan tombol ,mouse paling umum mempunyai 2 tombol masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat di tekan .walaupun demikian ,komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan mouse satu tombol.
 2. Output Device Output device merupakan komponen hardware yang menghasilkan informasi untuk satu atau lebih
 Komponen didalamnya terdiri dari :monitor dan speaker
 • Monitor adalah salah satu soft-copy Device,karena keluarnya adalah berupa sinyal elektronik,dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor .gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi ,masukan.monitor memiliki berbagai ukuran layaknya sebuah televise.tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda.resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat di tampilkan pada layar monitor.jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam ,mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung,sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar ( flat )
 • Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio ( suara ) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk membrane.speaker sebuah teknologi menakjubkan yang memberikan dampak yang sangat besar terhadap budaya kita,namun sebenarnya pengeras suara hanyalah sebuah alat yang sederhana.
3. System unit System unit merupakan sebuah kotak yang berisi komponen elektronik sebuah komputer yang digunakan untuk memproses data .
Bagian dari system unit ,sebagai berikut :
• Motherboard adalah papan sirkuit tempat komponen elektronik saling berhubungan seperti pada PC atau Macintosh dengan kata lain Motherboard adalah papan utama berupa pcb yang memiliki chip bios ( program penggerak ),jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses masing-masing perangkat,Motherboard yang banyak di temui dipasaran saat ini adalah Motherboard milik PC yang pertama kali di buat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM. Motherboard merupakan komponen utama dalam sebuah PC,karena Motherboard-lah semua komponen PC akan disatukan,Bentuk Motherboard sebuah papan sirkuit elektronik.Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data.Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sehingga komputer berjalan dengan lancar.
• Processor adalah komponen yang berfungsi untuk mengartikan dan melakukan istruksi dasar operasi sebuah komputer .
• Memory merupakan media penyimpanan data pada komputer.setiap data yang sedang diproses oleh prosesor akan disimpan didalam memori fisik,data yang disimpan dimemori fisik akan hilang ,oleh karena itukah ,semua data yang belum disimpan kedalam media penyimpanan permanen umumnya berbasis disk ,semacam hard disk atau floppy disk ,memori fisik umumnya diimplementasika dalam bentuk Random Access Memory ( RAM ),yang bersifat dinamis ( DRAM )mengapa disebut Random Access adalah karena akses terhadap lokasi-lokasi didalamnya dapat dilakukan secara acak ( random ),sebagai contoh,memori yang hanya dapat dibaca ( ROM ),juga di akses secara random,tetapi ia dibedakan dengan RAM karena ROM dapat menyimpan data tanpa kebutuhan daya dan tidak dapat ditulisi sewaktu-waktu.
 • Power supply adalah komponen system unit yang mengubah arus listrik AC jadi DC
 4. Storage Device Storage device merupakan alat yang mencatat atau mengambil data dari storage media.
 Komponen ini terdiri dari :
• Hard disk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis ,Hard disk pertama kali terdiri dari 50 piringan berkur 2 kaki ( 0,6 ) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute ) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB.Hard disk sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan pasasitas 750 GB.Dalam perkembangan kini Hard disk secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun demikian daya tamping data yang sangat besar ,Hard disk kini juga tidak hanya dapat di pasang didalam perangkat ( internal ) tetapi juga dapat dipasang diluar perangkat ( eksternal ) dengan mengunakan kabel USB atau FireWire.
 • CD/DVD menyimpan software,backup,film maupun music .CD/DVD merupakan tipe media storage optikal yang terdiri dari disk portable berbentuk lingkaran dan daftar yang terbuat dari metal,plastic,atau lacquer.
• Floppy disk adalah sebuah perangkat penyimpan data yang tediri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan dilapisi plastic berbentuk persegi atau persegi panjang,kapasitas floppy disk yang paling umum adalah 1,44 MB .
• Zip disk merupakan system penyimpanan dalam bentuk disk berukuran menengah ,yang diperkenalkan oleh LOMEGA pada akhir 1994,Awalnya ,Zip disk memiliki kapasitas 100 MB,tetapi kemudian ditingkatkan menjadi 250 MB dan kemudian menjadi 750 MB.
• USB disk adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi.USB disk ini biasanya berukuran kecil,ringan,serta bisa dibaca dengan mudah,kapasitas yang tersedia untuk USB disk ada dari 64 gigabyte sampai 512 gigabyte.Besarnya kapasitas media ini tergantung dari teknologi memori flash yang digunakan.
5. Communication Device Communication device merupakan komponen hardware yang memampukan sebuah komputer untuk mengirim dan menerima data,instruksi dan informasi dari atau ke satu atau lebih komputer,terdiri dari
• Modem adalah alat yang mengubah sinyal agar dapat melakukan transmisi data / informasi melalui jaringan telepon
 • Wireless Access Point adalah peralatan komunikasi yang mengijinkan komputer dan peralatan untuk mentransfer data secara nirkabel diantara peralatan/komputer itu sendiri atau ke jaringan kabel.
PERKEMBANGAN SOFTWARE

Kalau bicara soal trend, tidak bisa di ramalkan. Peramalan trend dipenuhi dengan kesukaran. Dengan mengabaikan sikap hati - hati, sejak lima kepemimpinan di negeri ini. Dalam pengembangan software menawarkan apa yang mereka harapkan belum menjadi trend perkembangan Software Development di Negara ini. Banyak alasan, mulai dari regulasi yang mengekang produk production house (khususnya para programmer), ketidak tegasan pemerintah dalam memotivasi para komunitas IT dan pembangunan infrastruktur yang belum siap.
Dua tema memotong ke seberang bidang-bidang yang memanfaatkan sumber luar akan terus memberikan efek ke lebih banyak lagi orang, dan tester, manajer proyek dan analisa bisnis akan perlu mempelajari bagaimana cara menghadapi tantangan dari penyalur (distribusi). Juga, perkembangan yang cepat akan bertambah populer, sementara percobaan dan kebutuhan rancang bangun akan perlu menemukan tempat mereka di lingkungan tersebut.
Read/WriteWeb membuat sebuah artikel menarik yang berjudul “The Future of Software Development“. Pada artikel tersebut dibahas bagaimana pengembangan perangkat lunak di masa depan dengan sedikit meninjau kembali metode software development yakni waterfall dan agile. Rasanya seperti kuliah RPL lagi. Kesimpulan yang diambil pada tulisan tersebut adalah pengembangan perangkat lunak di masa depan akan menggunakan bahasa pemrograman high level, dukungan library, dan metode agile.
Untungnya, berbeda dengan kuliah Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) yang dosennya Pak Romi Satrio Wahono, kali ini saya nggak ngantuk.
Sepertinya, apa yang ada di tulisan tersebut mulai saya rasakan di lingkungan sekitar.
Mengenai pemilihan bahasa pemrograman high level, menurut saya banyak benarnya. Mengambil contoh diri sendiri, saat ini saya lebih tertarik ‘bergaul’ dengan Java (mata kuliah Object Oriented Programming, kebetulan yang ngajar Pak Romi juga). Sepanjang mata memandang, teman-teman saya sepertinya juga begitu. Pemrograman high level itu rasanya seperti memakai fasilitas mewah.
Kalau ditarik lebih luas lagi, saya melihat ada kecenderungan kurangnya peminat untuk mempelajari hal-hal yang low level pada saya kuliah S1. Kuliah Pemrograman Sistem, Jaringan Komputer, Sistem Operasi, Organisasi dan Arsitektur Komputer jadi momok. Saya nggak tahu apakah ada ‘faktor lain’. Tapi yang jelas, salah seorang dosen di kampus saya pernah mengeluhkan hal itu di kelas. Apa hal ini disebabkan oleh perkembangan zaman atau karena mahasiswa sekarang malas-malas? Mungkin ini menjadi sesuatu yang harus disayangkan. Tapi apa perlu? Saya suka bertanya-tanya sendiri. Emang perlu ya mendalami semua itu? Kalau berpikir secara ideal sih, pasti perlu. Setiap ilmu pasti ada manfaatnya.
 
 
 
sumber
http://hanafiapih.blogspot.co.id/
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FUNGSI DAN INTERKONEKSI KOMPUTER SECARA GENERAL

klasifikasi memori berdasarkan tekhnologi

Metode untuk memperbaiki kesalahan kartu memori